Minggu, 12 Mei 2013

SANG FAJAR AKAN SEGERA TIBA Menjawab curhat & pengakuan beberapa teman yang terbelit masalah



Ust. Hefni Zain

Saudaraku ……………
Karena keterbatasan waktu, di acara life TV kemarin saya hanya bisa menjawab beberapa pertanyaan. Untuk kasus anda, secara umum saya hanya bisa berkomentar bahwa hidup ini adalah perjuangan menyelesaikan masalah. Dan setiap manusia, siapapun dia pasti pernah menghadapi masalah,  maka hadapilah setiap masalah dengan wajar. Jangan terlalu sedih atau resah, sebab kesedihan dan keresahan tidak akan menyelesaikan masalah, tapi justru menambah masalah baru. Ibarat malam telah tiba, kesedihan tidak akan mampu mengembalikannya pada siang. Apakah dengan bersedih anda mampu mengembalikan air mata yang terlanjur tumpah? Apakah dengan bersedih anda mampu mengembalikan hari ini pada hari kemarin ? tentu tidak.  Bahkan  kesedihan hanya akan menforsir jantung dan menguras energy anda. Bila anda bersedih karena suatu masalah, maka masalah itu akan berlipat ganda. Kesedihan itu hanya akan membuat air yang segar terasa pahit dan taman yang indah tampak mengerikan. Sungguh sedikitpun bersedih itu tiada berguna.
Memang manusia kadang tidak mampu menolak masalah, yang penting masalah yang anda hadapi harus dijadikan pelajaran berharga untuk tidak terulang lagi di hari-hari mendatang.  Semua masalah anda bisa teratasi dengan mudah hanya bila anda mau menyerahkan semuanya kepada Allah swt. Jangan ragu, tak ada kebaikan dalam keraguan. Maka Yakinlah! tanpa keyakinan, kepastian menjadi sirna tetapi dengan keyakinan, yang mustahil bisa jadi kenyataan. Bersabarlah! Karena dengan sabar semua bisa menjadi baik, sabar dalam musibah adalah pakaian nabi Ayyub, sabar dalam taat adalah hiasan nabi Ibrahim, sabar dalam menolak maksiat adalah mahkota nabi Yusuf. Ketidak sabaran berakibat perpisahan antara Khidir dan Musa, ketidak sabaran membuat berbagai kebaikan lepas dari genggaman kita.

Saudaraku......
          Jangan pernah berputus asa. Dan ketahuilah ! orang baik itu bukan orang yang tidak pernah bersalah atau berdosa, orang baik itu adalah orang yang segera menyadari kesalahannya dan segera bertobat Kepada Allah swt.  Ditegaskan dalam Al-Qur’an, “Katakanlah wahai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa2 semuanya. Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Qs. 39 : 53).
          Maka Tutuplah dosa-dosa itu dengan taubat, gantilah kejelekan itu dengan kebaikan, niscaya kebaikan tadi akan menghapus kejelekan yang pernah kita lakukan.

Saudaraku......
Yakinlah bahwa tidak ada badai yang tidak berlalu. setiap tangisan akan berujung dengan senyuman dan setiap kegelisahan akan berganti dengan kedamaian, Itulah sunnatuloh, bila ada duka pasti akan ada suka, dan setelah kesulitan pasti ada kemudahan, maka kabarkan pada malam bahwa sang fajar akan segera tiba, kabarkan juga pada orang-orang yang kesusahan bahwa pertolongan Allah akan segera datang. Perbanyaklah membaca “hasbunalloh wani’mal wakil ni’mal mawla wa ni’man nasir”  niscaya pertolongan Allah akan segera tiba, lalu merubah segalanya menjadi baik.

Saudaraku......
Setiap doa yang tulus, rintihan yang jujur, air mata yang menetes penuh ikhlas dan semua keluh kesah yang menyayat hati akan diperhatikan oleh Allah. Ya Rabb gantikanlah kepedihan ini dengan kesenangan, jadikan kesedihan itu sebagai awal kebahagiaan, Tidak ada satu kekuatanpun didunia ini tanpa pertolonganMu, cukuplah bagiku Engkau sebagai pelindung dan penolong kami karena Engkaulah sebaik baik pelindung dan penolong.

Tidak ada komentar: